Kamis, 22 November 2012


Doa perpisahan


Assalamu ’alaikum wr. Wb.
Alhamdulillah wa syukurilah, segala puji hanya milik allah as syakuur, sang maha mensyukuri, tuhan semesta alam. Kepadanyalah kita sampaikan semua rasa syukur kita atas nikmat islam yang telah diberikannya kepada kita semua yang hadir di ruangan ini. Karena tanpa nikmat itu, tidaklah kita akan dilindunginya dunia dan akhirat kelak.


Shalawat beserta salam marilah sama-sama kita sampaikan kepada muhammad saw, rasul allah yang telah mengajarkan ilmu islam ini kepada umat manusia, yang pada saat ini telah sampai kepada kita.
Marilah kita rendahkan hati dan pikiran kita untuk memohon kepada allah al mujiib, karena sungguh hanya dengan kerendahan hati dan pikiran yang bersujud, allah akan mengabulkan do’a-do’a kita.

Ya allah, kami hanyalah seonggok daging yang engkau beri nyawa. Engkau beri kami pendengaran, penglihatan dan hati agar kami bersyukur. Tapi ampunilah kami ya allah jika betapa seringnya mata kami melihat hal-hal yang salah yang tak engkau ridhoi, betapa seringnya telinga kami ini lebih mendengarkan kata-kata yang bukan berasal darimu, serta betapa congkak & sombongnya hati kami meski jauh dari dirimu. Ampunilah kami ya samii’ ya bashiir…
Jika engkau telah tutupkan pandangan kami, jika engkau telah tulikan pendengaran kami, jika engkau telah matikan hati kami, betapa akan menderitanya kami tanpa ampunanmu ya allah. Padahal nanti mata itu, kaki itu, tangan itu, dan hati itulah yang akan engkau tanyai kelak, disaat mulut kami yang kotor ini telah engkau kunci.

Ya rabbi, engkau perjalankan kami hidup di dunia ini semata-mata hanyalah untuk mengabdi kepadamu. Kami sadar ya allah, tiada sesuatu yang kebetulan di dunia ini. Engkau tunjuk kami menjadi seorang ibu, seorang ayah, seorang guru, seorang anak, adalah semata-mata untuk kebaikan kami. Izinkan kami memohonkan kekuatan untuk menjalani peran-peran itu. Jadikanlah kami orangtua dan guru yang ikhlas mendidik dan membimbing anak-anak kami. Jadikan setiap anak kami menjadi mutiara-mutiara tasbih pengabdian kami kepadamu. Jadikan usaha-usaha yang kami lakukan untuk mereka menjadi bentangan sajadah kami di jalanmu. Curahkanlah di hati kami asmamu ya rahman ya rahiim, agar anak-anak kami mendapatkan rasa kasih dan sayang selalu.
Illahi rabbi, jalan panjang masih terbentang di depan anak-anak didik kami. Meski sebenarnya kami tidaklah tahu seberapa jauh mereka akan melangkah, tapi ya allah, sungguh kami hanya berharap cintamu. Mudahkanlah langkah mereka, luruskanlah jalan mereka dan lapangkanlah kehidupan ini bagi mereka nantinya. Karuniailah kami kemampuan untuk menjadikan mereka menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah.
Ya allah, dekatkanlah hati kami yang sedang berkumpul dalam ruangan ini, satu sama lain. Jadikan acara perpisahan ini sebagai awal baru bagi persaudaraan kami di hari-hari mendatang.

Yaaallah
sekiranya perpisahan ini merupakan beban, jangan kau berikan beban
itu
sekiranya perpisahan ini merupakan keharusan, kuatkanlah ketabahan. Jadikanlah perpisahan ini pembelajaran kedewasaan, dan janganlah kau jadikan sebuah pembebasan.


Yaa ilahi….
Perpisahan yang kami alami merupakan tahap awal kehidupan, maka berikanlah kesuksesan dilangkah berikutnya.
Berikanlah cinta dan rahmanmu, berikanlah kasih dan sayangmu
Ya allah, tak layak kami meminta-minta lebih kepadamu karena sungguh engkau telah memberi sangat banyak kepada kami. Namun ya waduud, siramkanlah kesejukan di hati kami sebagai tanda engkau mendengarkan permohonan kami.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُونَا بِالإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلاًّ لِلَّذِيْنَ ءَامَنُوْا رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفُ رَّحِيْمٌ، رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ، رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَاْرحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارًا.
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Selasa, 20 November 2012

Silabus Kewirausahaan SMKN 59 kls X komplit



SILABUS

NAMA SEKOLAH                            :   SMK  Negeri 59 Jakarta
MATA PELAJARAN                        :   Kewirausahaan                                                              

KELAS/SEMESTER                        :   X/1 dan

STANDAR KOMPETENSI              :   1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
KODE KOMPETENSI                      :   A
ALOKASI WAKTU                           :   52 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR
RANAH
MATERI PEMBELAJARAN
RANAH
NILAI
KARAKTER
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR

PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1     Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
       
·   C1
·   Pengertian kewirausahaan
·   Karakteristik wirausahawan yang meliputi: disiplin
·   Cara mengidentifikasi kegagalan wirausaha berdasarkan teori-teori Napoleon Hill, Alex S. Nitisemito
·   Cara mengidentifikasi keberhasilan wirausaha berdasarkan teori Donald E. Petersen dan John Glenn

C1

C2


C2





C1
. Religius
. Jujur
. Demonstrasi
. Percaya Diri
. Tanggung Jawab
·   Menjelaskan pengertian kewirausahaan, wirausaha dan wirausahawan
·   Mengetahui dan mengimplementasikan karakteristik wirausahawan yang meliputi : disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan siswa
·   Mengkaji dan mendiskusikan teori Napoleon Hill dan Alex S. Nitisemito
·   Mengkaji dan mendiskusikan teori Donal E. Petersen dan John Glenn
·    


Kebeberhasilan dan kegagalan wirausahawan   diidentifikasi berdasarkan sikap dan   perilakunya dalam keseharian
·   Kegagalan wirausahawan   dijelaskan berdasarkan teori:
-   Napoleon Hill
-  Alex S. Nitisemito
· Keberhasilan
     wirausaha dijelaskan
     berdasarkan teori:
-    Donald E. Petersen
John Glenn




·   Tes tertulis
·   Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·   Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
4
1 (2)
1 (4)
·   Modul kewirausahaan Dep Dik Nas
·   Buku kewirausahaan Yudistira
·   Buku kewirausahaan SMK Armico
·   Laporan kinerja siswa
1.2     Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju)



·   C3
·   Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif
·   Perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi:
-    kerja ikhlas
-    kerja mawas >< emosional
-    kerja cerdas
-    kerja keras
-    kerja tuntas
·   Prinsip cara kerja prestatif









C1


C2








C2
Religius
. Jujur
. Percaya Diri
 Tanggung Jawab
·   Mengetahui pengertian, tujuan dan manfaat perilaku kerja prestatif
·   Menjelaskan cara kerja prestatif (selalu ingin maju)
·   Menerapkan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) dalam kehidupan keseharian di lingkungan keluarga, sekolah & masyarakat :
-    Kerja ikhlas
-    Kerja mawas >< emosional
-    Kerja cerdas
-    Kerja keras
Kerja tuntas


·   Kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi :
-    Kerja ikhlas
-    Kerja mawas >< emosional
-    Kerja cerdas
-    Kerja keras
-    Kerja tuntas



·   Tes tertulis
·   Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·   Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
5
2  (4)
1 (4)
·   Modul bahan ajar
·   Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·   Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·   Buku referensi yang relevan
1.3     Merumuskan solusi masalah




·   2
·   Pengertian masalah
·   Teknik  pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
·   Membedakan masalah dan bukan masalah
·   Identifikasi masalah dan mencari penyebabnya
·   Mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah
·   Pertimbangan dalam merumuskan solusi masalah
·   Dampak dari pengambilan keputusan
·   C1




C2


C1


C3



C2


C2
Religius
. Jujur
. . Percaya Diri
Tanggung Jawab
·   Mengetahui pengertian dan perbedaan masalah dan bukan masalah
·   Mengetahui teknik pemecahan masalah dan pengambilan keputusan serta menerapkan dalam kehidupan aktivitas keseharian  di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
·   Mengidentifikasi masalah dan mencari penyebab terjadinya masalah
·   Menentukan alternatif pemecahan permasalahan


·   Masalah diidentifikasi, dirumuskan dan dianalisis, dengan percaya diri
·   Kecakapan mengolah informasi, 
·   Berpikir kreatif
·   Kecakapan memecahkan masalah,
·   Kecakapan bekerjasama dengan teman sekerja
Alternatif perumusan solusi masalah berdasarkan hasil analisis

·   Tes tertulis
·   Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·   Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
5
2  (4)
1 (4)
·   Modul bahan ajar
·   Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·   Buku referensi yang relevan
1.4     Mengembangkan semangat wirausaha
·         C2
·         Inovatif
·         Kreatifitas
·         Motivasi
·         Sikap bekerja efektif dan efisien
·   C2
Religius
. Jujur
. Percaya Diri
·   . Tanggung Jawab
·   Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha
·   Mengetahui pengertian-pengertian inovasi, kreatifitas dan motivasi
·   Mengetahui prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien
·   Menerapkan faktor pengaruh semangat kerja dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan
·   Daya saing diciptakan sesuai dengan instrumen penilaian
·   Sikap selalu ingin maju disesuai dengan instrumen penilaian
·   Sikap disiplin dan etos kerja ditingkatkan sesuai dengan instrumen penilaian
·   Kreativitas dan inovatif siswa ditumbuhkan sesuai dengan instrumen penilaian 
·   Tes tertulis
·   Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio


·   Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
6
2  (4)

·   Modul bahan ajar
·   Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan


·   Buku referensi yang relevan
1.5     Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain


1.6     Mengambil resiko usaha
·   C2
·   Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi
·   Menerapkan perilaku tepat waktu
·   Menerapkan perilaku tepat janji
·   Menerapkan kepedulian terhadap mutu hasil kerja
·   Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri
·   Prinsip dasar resiko meliputi pengertian, macam, unsur, manfaat, tujuan dsb
·   Manajemen resiko
·   C2


C2



C2


C2



C2



C2
Religius
. Jujur
. Percaya Diri
·   . Tanggung Jawab


Religius
. Jujur
. Demonstrasi
. Percaya Diri
. Tanggung Jawab
·   Mengetahui faktor-faktor yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen tinggi dalam keseharian aktivitas
·   Menerapkan perilaku tepat waktu, tepat janji dalam kegiatan aktivitas keseharian baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan
·   Menerapkan komitmen tinggi terhadap kepedulian mutu hasil pekerjaan 
·   Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri seperti disiplin, ulet dan ketabahan
·   Memahami pengambilan resiko usaha
·   Macam-macam resiko
·   Unsur resiko
·   Mengelola resiko meliputi penanganan sendiri, cara menghindari, memperkecil resiko negatif  dan pengalihan resiko kepada pihak lain

·   Pantang menyerah terhadap keadaan atau situasi apapun juga
·   Memiliki semangat dan tahan uji dari setiap tantangan
·   Memiliki kesabaran dan ketabahan di dalam berusaha
Selalu bekerja, berjuang dan berkorban
·   Identifikasi jenis-jenis resiko
·   Memperkecil resiko yang merugikan
·   Tes tertulis
·   Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·   Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
5
2  (4)
1 (4)
·   Modul bahan ajar
·   Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·   Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·   Buku referensi yang relevan
·   Tes tertulis
·   Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·   Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
4
2 (4)

·   Modul bahan ajar
·   Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·   Buku referensi yang relevan
1.7     Membuat keputusan
·   C1
·   Resiko pembuatan keputusan
·   C2
Religius
. Jujur
. Percaya Diri
. Tanggung Jawab
·   Penjelasan langkah-langkah dalam pengambilan keputusan.
·   Penjelasan pertimbangan-pertimbangan dalam mengambil keputusan sampai keputusan akhir
·   Terampil membuat keputusan
·   Berani membuat keputusan dengan mempertimbangkan resiko
·   Memecahkan masalah dengan kreatif dan arif

·   Tes tertulis
·   Diskusi
·   Tanya jawab
·   Tes Lisan
6
2  (4)

·   Modul bahan ajar
·   Koran
·   Majalah
·   LCD




SILABUS

 

 

NAMA SEKOLAH                                :   SMK Negeri 59 Jakarta

MATA PELAJARAN                        :   Kewirausahaan
KELAS/SEMESTER                            :   X/2
STANDAR KOMPETENSI                  :   2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan

KODE KOMPETENSI                          :   B

ALOKASI WAKTU                               :   24 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR
RANAH
MATERI PEMBELAJARAN
RANAH
NILAI KARAKTER
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR

PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
2. 1         Menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet

·   2
·   Mengetahui hakikat sikap pantang menyerah dan ulet
·   Melakukan sikap pantang menyerah dan ulet dalam kegiatan usaha
·   C1


C2
Religius
. Jujur
. . Percaya Diri
. Tanggung Jawab
·   Menjelaskan hakikat sikap pantang menyerah dan ulet
·   Mempunyai sikap pantang menyerah dan ulet dengan keikutserta-an (magang) pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT

·   Kegiatan usaha dilakukan dengan semangat, tidak putus asa, selalu ingin maju, dan selalu mencari sesuatu yang baru sesuai dengan instrumen yg telah ditetapkan
      Tes tertulis
      Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
      Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
6





2 (4)











      Modul bahan ajar
·   Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan
·   Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·   Buku referensi yang relevan
2. 2         Mengelola konflik

·   C1
·   Mengetahui penyebab, tipe, manfaat, dampak, jenis, pengelompokan, tahap terjadinya, penanggulangan dan cara mengelola konflik
·   Mengetahui dampak negatif dan positif dari konflik
·   Memanfaatkan konflik positif
·   Mengatasi konflik negatif
·   C2






C1


C2

C2
Religius
. Jujur
. Percaya Diri
.
Tanggung Jawab
·   Menjelaskan penyebab, tipe-tipe, dampak, jenis-jenis, kelompok, tahapan terjadinya, penanggulangan dan pengelolaan konflik
·   Mengatasi konflik yang timbul dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT
·    Mengambil manfaat dari konfik yang terjadi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam CBT

·   Identifikasi dilakukan terhadap konflik








·   Memanfaatkan Konflik


·   Tes tertulis
·   Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·   Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
6





2 (4)






·   Modul bahan ajar
·   Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan
·   Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·   Buku referensi yang relevan
2. 3         Membangun
2. 4         visi dan misi usaha
·   C1
·   Mengetahui visi dan misi perusahaan
·   Mengetahui kegiatan yang dapat digunakan untuk mencapai visi dan misi perusahaan
·         C1

C1
Religius
. Jujur
. Percaya Diri
. Tanggung Jawab
·         Menjelaskan visi dan misi perusahaan











·         Dapat menjelaskan visi dan misi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT
·   Visi dan misi












·   perusahaan disusun
·   Rencana kegiatan disusun sesuai dengan visi dan misi perusahaan


·   Tes tertulis
·   Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio





·   Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
6



2 (4)







·   Modul bahan ajar
·   Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan







·   Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·   Buku referensi yang relevan





NAMA /SEKOLAH                           :   SMK Negeri 59 Jakarta
MATA DIKLAT                                :   Kewirausahaan
KELAS/SEMESTER                        :   XI/1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI              :   3. Merencanakan Usaha Kecil/Mikro
KODE KOMPETENSI                      :   C
ALOKASI PEMELAJARAN              :   76 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR

PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
3.1     Menganalisis peluang usaha

§ Peluang dan resiko usaha
§ Factor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
§ Mengembangkan ide dan peluang usaha
§ Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan
§ Memetakan peluang usaha
§ Pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif

1.   Mencari dan menemukan peluang usaha yang dekat dengan lingkungan siswa seperti kantin, rumah, program keahlian dsb
2.   Pengembangan ide kreatif dan inovatif yang dimiliki oleh siswa dalam bentuk nyata sesuai dengan program keahlian dalam bentuk program CBP
3.   Mengetahui 10 macam penyebab  keberhasilan dan kegagalan usaha
Analisis peluang usaha yang didasarkan  kepada:
-       Jenis produk dan jasa
-       Minat dan daya beli konsumen
§ Tes tertulis
§ Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen
§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
6
2 (4)
2 (8)
§ Profil usaha yang berhasil
§ Biografi orang yang berhasil
§  Modul bahan ajar
§ Modul CMUS
§ Objek nyata/real (tempat wirausaha sekolah, lingkungan, museum,pameran dll)
3.2     Menganalisis aspek-aspek pengelolaan usaha

§ Tujuan dan sasaran usaha
§ Bentuk-bentuk badan usaha
§ Struktur organisasi sederhana
§ Produk dan jasa
§ Pengelolaan persediaan
§ Proses produksi
§ Penyimpanan produk
§ Merumuskan tujuan dan sasaran usaha
§ Menetapkan bentuk badan usaha
§ Menyusun struktur organisasi sederhana
§ Menentukan jenis dan kualitas produk/jasa
§ Menghitung kebutuhan dan persediaan bahan baku
§ Merancang aliran proses produksi

1.       Membuat dan menyusun organisasi usaha sederhana yang didalamnya memuat  : tujuan, sasaran, badan usaha, dan bentuk organisasi yang sesuai dengan kondisi sebenarnya dilapangan

2.       Membuat aliran proses produksi seperti tingkat kebutuhan persediaan barang, proses produksi dan cara penyimpanan hasil produksi pada kegiatan usaha di sekolah dan DUDI
3.       Menghitung kebutuhan modal kerja dalam proses produksi
4.       Melaksanakan proses produksi usaha pada program keahlian dalam bentuk program CBP
3.2.1   Aspek-aspek pengelolaan usaha dianalis dilihat dari :
-    organisasi usaha sederhana yang meliputi  tujuan, sasaran, badan usaha, dan bentuk organisasi


-    Produksi yang meliputi alur  persediaan, proses produksi dan penyimpan-an hasil produksi

      Tes tertulis
      Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio
      Laporan kegiatan CBP dengan mengguna-kan instrumen dalam bentuk portofolio
6
6 (12)
2 (8)
      Profil organisasi usaha
      Modul bahan ajar
      Objek nyata/real (tempat usaha/perusahaan,, pameran dll)
      Bagan/struktur organisasi
      Buku Panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)

       
1.        Mengetahui pembuatan  perijinan usaha sesuai dengan bentuk badan usaha
2.        Pembuatan sistem administrasi usaha sederhana pada kegiatan usaha program keahlian dalam bentuk program CBP)
3.        Pelaksananan administrasi usaha pada program keahlian dalam bentuk program CBP meliputi surat-menyurat, tata cara pencatatan transaksi dan pembukuan keuangan dan penghitungan pajak


3.2.2   Pengelolaan usa dianalisis dengan  aspek  administrasi usaha meliputi :
- Perizinan usaha
- Surat-menyurat
- Pencatatan transaksi barang/jasa
- Pencatatan transaksi ke-uangan
- Pajak pribadi dan pajak usaha
- Membuat pembukuan sederhana
§ Tes tertulis
§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio
§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
6
6 (12)
2 (8)
§ Profil organisasi usaha
§ Modul bahan ajar
§ Objek nyata/real (tempat usaha/perusahaan,
§ Contoh format-format pendirian dan perijinan usaha
§ Contoh macam-macam surat
§ Panduan penghitungan pajak



1.    Merencanakan dan membuat bentuk promosi bagi produk usaha sekolah
2.    Menentukan saluran distribusi produk yang tepat
3.    Mengetahui dan ikut serta dalam  penetapan harga jual produk unit usaha/unit produksi sekolah






4.    Melakukan pemasaran produk yang dihasilkan oleh unit usaha/unit produksi  sesuai dengan program keahlian dalam bentuk program CBP
3.2.3      Perencanaan usaha yang dianalisis aspek pemasaran meliputi:
- Teknik menjual
- Penetapan harga
- Pelayanan prima

§ Tes tertulis
§ Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen
§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk portofolio








§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

6
4 (8)
4 (16)
§ Modul bahan ajar
§ Objek nyata/real
§ Buku Panduan Pemasaran
§ Buku Panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)


-     
§ Mengumpulkan informasi proses pengajuan kredit pada LK, LKBB dan kredit pada Unit usaha/unit produksi sekolah
§ Ikut serta menyusun RAB, menghitung arus kas, BEP, dan kelayakan usaha pada kegiatan usaha di sekolah (produk unit usaha/unit produksisekolah) sesuai program keahlian dalam bentuk program CBP



3.2.4   Pengelolaan usaha yang dianalisis aspek pemodalan dan pembiayaan usaha meliputi:
- Pemodalan
- Pembiayaan usaha
- Analisa biaya dan pendapatan
§ Tes tertulis
§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio
§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
6
6 (12)
2 (8)
§ Modul bahan ajar
§ Objek nyata/real
§ Buku panduan Pemasaran
§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)

3.3     Menyusun proposal usaha


§ Pembuatan Proposal usaha pengajuan kredit usaha baru sesuai dengan aspek-aspek pengelolaan usaha
§ Penyusunan proposal yang mampu dipahami oleh orang lain
§ Penyusunan proposal usaha sesuai dengan program keahlian dalam bentuk program CBP
Proposal usaha disusun bersdasarkan aspek pengelolaan usaha :
·   aspek organisasi dan produksi
·   Administrasi usaha
·   Pemasaran
·   Permodalan dan pembiayaan  usaha

§ Tes tertulis
§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk portofolio
§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
6
4 (8)

§ Modul bahan ajar
§ Produk yang akan dihasilkan
§ Buku panduan penyusunan proposal
§ Buku-buku analisis aspek pendirian  usaha
§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)


NAMA SEKOLAH                            :   SMK Negeri 59 Jakarta

MATA DIKLAT                                :   Kewirausahaan

KELAS/SEMESTER                        :   XII/1 dan 2

STANDAR KOMPETENSI              :   Mengelola Usaha Kecil/mikro

KODE KOMPETENSI                      :   D
ALOKASI WAKTU                           :   40 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
TM
PS
PI
SUMBER BELAJAR
4.1.   Mempersiap-kan pendirian usaha



Menerapkan isi proposal usaha  dalam pendirian usaha sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan




§ Mengetahui prosedur pengurusan  izin usaha baru pada  pihak yang berwenang
§ Membuat sistem  pengelolaan keuangan pada usaha yang telah dibentuk
§ Menentukan dan mengurus tempat usaha
§ Mengetahui dan mampu mengadakan fasilitas dan bahan baku produksi
§ Merekrut dan menempatkan SDM yang diperlukan sesuai dengan kegiatan usaha  yang didirikan
§ Mempersiapkan administrasi usaha yang diperlukan dalam kegiatan usaha







§ Langkah-langkah persiapan pendirian usaha  sesuai dengan proposal meliputi :
-     izin usaha
-     pemodalan
-     tempat usaha/lokasi
-     fasilitas dan bahan baku
-     SDM
-     administrasi

§ Tes tertulis
§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk portofolio
§ Laporan kegiatan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
§ Simulasi pendirian dan pelaksanaan kegiatan usaha

4
2 (4)
2 (8)
§ Mengelola usaha kecil, penerbit Trans Mandiri Abadi
§ Modul Kewirausahaan DepDikNas
§ Contoh format pendirian dan perizinan usaha
§ Proposal usaha
§ Buku panduan CMUS (Cara Mulai Usaha Kecil)
4.2.   Menghitung resiko menjalankan usaha

§ Melakukan analisis data dengan menggunakan aspek-aspek:
-    Keuangan
-    Potensi pasar
-    Produk
-    Pelanggan
-    Pesaing
-    Bahan baku/  bahan produk

§ Mengetahui sistem analisis data dengan menggunakan pendekatan statistika
§ Mengumpulkan, mengelompokkan dan mengolah data dengan pendekatan statistika
§ Menyusun strategi yang tepat untuk menjalankan usaha
1.    Pengertian menghitung rasio menjalankan usaha
2.    Wirausaha melakukan analisis aspek:
§ keuangan
§ potensi pasar
§ produk
§ pelanggan
§ pesaing
§ bahan baku/bahan produksi
3.    Adanya data hasil analisis
      Tes tertulis
      Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio
      Laporan kegiatan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

6
2 (4)
2 (8)
      Profil organisasi usaha
      Modul bahan ajar
      Objek nyata/real (tempat usaha/perusahaan,
      Contoh format-format pengolahan data dengan kuisioner
      Buku-buku analisis aspek pendirian  usaha
      Buku Panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)
§ Aplikasi Microsoft Excel

4.3.   Menjalankan Usaha  Kecil

Menerapkan Fungsi manajemen (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) dalam aspek
1.     Pengelolaan fasilitas dan bahan
2.    Mengelola SDM
3.    Mengelola proses produksi
4.    Mengelola keuangan
5.    Mengelola administrasi
6.    Memasarkan produk
§ Mengelola fasilitas dan bahan
§ Mengelola sumber daya manusia
§ Mengelola proses produksi sampai produk yang dihasilkan
§ Mengelola keuangan
§ Mengelola administrasi
§ Memasarkan produk/jasa
Wirausaha menyiapkan:
§  Dokumen pendirian usaha
§  Administrasi usaha
§  Bahan baku/ bahan produk
§  SDM
§  Modal
§  Alat produksi
§  Produk yang dihasilkan
§ Tes tertulis
§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk portofolio
§ Laporan kegiatan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

3
3 (6)
4 (16)
§ Buku dasr-dasar manajemen
§ Produk yang dihasilkan
§ Dokumen pendirian dan perijinan usaha
§ Proposal usaha
§ Buku-buku analisis aspek pendirian  usaha
§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)

4.4.   Mengevaluasi hasil usaha
1.     Rasio keuangan
2.     Teknik penyusunan laporan
3.     Teknik pengemba-ngan usaha


§ Menghitung rasio keuangan
§ Menyusun laporan pengelolaan usaha
§ Menyususun rencana pengembangan usaha
Kinerja usaha dievaluasi berdasarkan kriteria keberhasilan usaha meliputi aspek:
1.        Laporan keuangan
2.        Penghitungan rasio keuangan :
4.  Rasio Likuiditas
5.  Rasio Rentabilitas
6.  Rasio Solvabilitas
3.        Rencana pengembangan usaha sesuai hasil evaluasi
§ Tes tertulis
§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio
§ Laporan kegiatan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

6
4 (8)
2 (8)
§ Modul bahan ajar
§ Laporan keuangan kegiatan usaha
§ Proposal usaha
§ Buku-buku manajemen keuangan
§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)





                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Jakarta, 16 Juli 2012
Kepala SMK Negeri Jakarta                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 Guru Mata Diklat



( Drs. H.A. Syamsiar )                                                                                                                             ( Firman Firdaus, S.Sos I )
Nip. 195703021985011002